PENINGKATAN PERAN DAN FUNGSI DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH TAHUN 2020

Speaker 1

Bidang Perencanaan

23 September 2020 | 509 View

Sebagai satu upaya meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Peran dan Fungsi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah Tahun 2020 (15/9). Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan, Lt. 2 tersebut dibuka langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, Samsul Huda, S.H., M.H.

Dalam sambutannya, Bapak Samsul Huda menjelaskan bahwa pendidikan merupakan sektor penting dan sangat berperan dalam pembangunan bangsa untuk memperbaiki kondisi sekarang, hari esok dan masa depan ke arah yang lebih baik. “Dimana didalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dicantumkan bahwa pendidikan nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia indonesia seutuhnya,” ujarnya.

Sebagaimana dimaklumi bahwa Komite Sekolah merupakan badan yang mandiri sekaligus berperan untuk meningkatkan mutu pelayanan pendidikan, memberikan arahan, pertimbangan dan pengawasan terhadap pengelolaan manajemen pendidikan serta pembangunan fasilitas pendidikan di semua jalur dan jenjang pendidikan.

Hal ini tentunya menjadikan Komite Sekolah memiliki peran yang besar untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan; menciptakan suasana yang kondusif dan transparansi, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu; mendorong orang tua siswa dan masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pendidikan; serta menggalang dana masyarakat untuk pembiayaan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang layak dan memadai.

Ketua Panitia Kegiatan, Kepala Bidang Perencanaan, Hadi Sukamto, S.Pd., M.Si., menjelaskan bahwa kegiatan ini terdiri dari 120 peserta Komite Sekolah SD, yang dibagi tiap tahapnya sebanyak 30 peserta. *(By, Kd)